Manfaat Telur Itik Yang Lebih Baik Dari Telur Ayam

Jika dibandingkan dengan telur ayam, telur itik memang tidak terlalu terkenal dikonsumsi.

Akan tetapi ternyata kandungan gizi dalam telur itik sangatlah tinggi lantaran tinggi akan protein, lemak dan karbohidrat. Selain itu, telur itik juga mengandung energi yang merupakan sumber nutrisi penting untuk tubuh.

Telur itik juga mengandung beberapa jenis mineral dan vitamin menyerupai manfaat vitamin A, vitamin B, vitamin B12, tiamin, folat, riboflavin, zat besi, kalium fosfor, seng dan juga natrium sehingga sangat baik dikonsumsi dalam jumlah seimbang dalam diet. Untuk mengetahui apa saja manfaat telur itik, silahkan simak artikel yang kami berikan berikut ini.

Mengandung Vitamin D Lebih Banyak

Telur itik mempunyai manfaat vitamin D yang lebih banyak khususnya kalau itik dibesarkan di padang rumput selain banyak juga manfaat telur untuk anemia. Vitamin D tersebut dapat mendukung kesehatan, menjaga kekuatan tulang dan sebagai solusi kecantikan kulit serta suasana hati. Telur itik juga mengandung vitamin D lebih tinggi lantaran dikala dilepas di padang rumput maka dapat memperoleh vitamin D yang lebih tinggi.

Mengandung Vitamin dan Mineral Esensial

Telur itik juga mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi menyerupai niacin, asam pantotenat, riboflavin, vitamin B6, manfaat vitamin E, vitamin A, vitamin B12 dan juga retinol berbeda dengan manfaat telur burung dara.

Sedangkan kualitas nutrisi tertinggi berasal dari kuning telur itik namun juga tergantung dari apa yang dikonsumsi oleh itik.

Memiliki Kandungan Macronutrients

Kandungan kalori dalam telur itik berasal dari adonan protein, lemak dan juga manfaat karbohidrat. Dalam setiap telur itik setidaknya mengandung 9 gram protein berkualitas sehingga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan badan dan menjaga kesehatan kulit.

Mengkonsumsi 1 telur itik sudah dapat mencukupi sekitar 15% kebutuhan protein per hari yang juga mengandung lemak dan sumber energi terkonsentrasi serta karbohidrat.

Sumber Protein

Dalam setiap 100 gram telur itik mengandung sekitar 12.81 gram manfaat protein sehingga hampir 25% dapat mencukupi asupan harian yang disarankan. Kandungan protein dalam telur itik ini sangat penting untuk membangun massa otot dan juga memperbaiki otot yang sudah rusak sekaligus berkontribusi untuk menguatkan dan menyehatkan rambut.

Asam amino dalam protein juga sangat membantu untuk sintesis neurotransmitter di otak untuk mengatur suasana hati, nafsu makan dan juga memperbaiki kualitas tidur. Baik bab putih atau kuning telur itik sama sama mengandung protein dalam jumlah yang tinggi.

Baik Untuk Otak

Lemak, kolesterol dan protein yang terkandung di dalam telur itik mempunyai kegunaan sebagai kuliner otak serta meningkatkan kesehatan otak dan sistem saraf. Mengkonsumsi telur itik dapat membantu mengembalikan fokus, mendukung memori dan berguru serta mencegah kabut otak.

Selain itu, telur itik juga mengandung kolesterol tinggi dan vitamin B12 yang sangat penting untuk melindungi integritas selubung mielin yang mengelilingi sel saraf. Tanpa adanya lemak. kolesterol dan vitamin B12, maka lapisan pelindung myelin dapat kehilangan integritasi seiring berjalannya waktu dan sel saraf tidak terisolasi dengan baik.

Degradasi selubung mielin tersebut nantinya dapat meningkatkan risiko penyakit sistem saraf degeneratif menyerupai multiple sclerosis.

Sumber vitamin A, D dan Seng

Makan telur itik juga berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, memperbaiki penglihatan, menyehatkan kulit, menguatkan kuku dan juga mempercepat proses penyembuhan lantaran dalam telur itik mengandung sumber vitamin A, vitamin D dan juga seng tinggi.

Meningkatkan Energi

Mengkonsumsi telur itik tidak hanya dapat menyediakan kalori untuk meningkatkan sumber energi namun juga mengandung beberapa vitamin penting menyerupai vitamin B1, B2, B3, B6, B9 dan juga B12.

Semua vitamin ini berperan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan, membantu sintesis nutrisi dari makanan, mendukung populasi basil usus yang sehat sekaligus membantu badan mensintesis vitamin dan neurotransmitter di otak sehingga mengkonsumsi telur itik ini sangat baik untuk pencernaan, otak dan juga metabolisme energi.