Manfaat Jamu Uyup Uyup

Jamu Uyup Uyup sudah sangat dikenal oleh masyarakat pedesaan dan sudah dipakai secara turun temurun alasannya dipercaya dapat melancarkan produksi ASI ibu menyusui untuk menunjang pertumbuhan bayi.

Jamu Uyup Uyup atau sering disebut juga dengan gepyokan ini terbuat dari empon emponan atau akar akaran ibarat kencur, jahe, lengkuas, daun katuk, cabai puyang, temugiring, bangle dan juga kunyit yang masing masing mempunyai kegunaan berbeda beda untuk tubuh.

Selain mempunyai kegunaan untuk ibu menyusui, masih banyak manfaat Jamu Uyup Uyup lain ibarat yang akan kami ulas dalam artikel berikut ini.

Mencegah Kanker

Jamu Uyup Uyup sangat baik dikonsumsi untuk solusi kanker. Kunyit yang merupakan salah satu materi dalam jamu ini mengandung manfaat antioksidan yang dapat mencegah sel kanker usus besar. Sementara lengkuas dapat menghambat stres oksidatif dan menurunkan risiko mutasi seluler.

Selain itu, senyawa gingerol dalam jahe sangat baik dikonsumsi untuk mencegah kanker payudara, kanker kolorektal, kanker lambung, kanker ovarium dan juga kanker pankreas.

Mengandung Anti Inflamasi

Kunyit, jahe, lengkuas, temu giring, kencur dan akar akaran lain yang dipakai dalam Jamu Uyup Uyup sangat penting untuk mengurangi peradangan ibarat rheumatoid arthritis, sakit kepala, asam urat, iritasi usus dan masih banyak lagi.

Kunyit juga mengandung anti inflamasi yang diperoleh dari curcumin sehingga juga baik dipakai untuk mengatasi peradangan wasir. Sedangkan senyawa anti inflamasi dari jahe dapat mengatasi kejang perut, solusi diare dan juga mengatasi perut kembung.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam lengkuas mengandung manfaat vitamin C yang tinggi ditambah antioksidan unik ibarat galangin dan alpine sehingga sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan badan dan mengurangi peradangan dalam tubuh. yang juga diberikan dari kunyit dan jahe. Sedangkan daun katuk juga penting untuk membangun sistem imun sehingga tidak rentan terhadap serangan penyakit.

Mengatasi Flu dan Batuk

Jamu Uyup Uyup juga sangat baik dikonsumsi sebagai solusi batuk alasannya banyak sekali materi alami yang dipakai untuk menciptakan jamu ini dapat dipakai untuk membunuh virus penyebab flu dan batuk.

Jahe: dapat mengatasi penyakit benjol ibarat pilek dan flu di segala usia sekaligus membantu pengeluaran keringat dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

Bangle: Berguna untuk mengatasi batuk berdahak dan mempercepat penyembuhan.

Daun katuk: Mengandung efedrin yang berfungsi untuk menyembuhkan flu.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kombinasi banyak sekali materi yang ada dalam Jamu Uyup Uyup ini juga dapat dipakai untuk mengatasi banyak sekali gangguan pencernaan secara alami.

Jahe: Berguna untuk mengatur kadar gula tinggi, menenangkan perut dan meningkatkan peresapan nutrisi.

Kunyit: Mengandung manfaat serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan, mengatasi sembelit, pendarahan usus dan iritasi usus.

Bangle: Bisa melancarkan sistem pencernaan.

Daun katuk: mengatasi penyakit pencernaan ibarat sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

Cabe puyang: Baik untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi diare dan disentri.

Meredakan Asma

Jahe yang menjadi salah satu materi dalam Jamu Uyup Uyup sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi gangguan pernapasan. Senyawa zerumbone tersebut yang dapat meredakan asma.

Sedangkan temu giring mempunyai kegunaan untuk memulihkan jalan masuk pernapasan sama ibarat daun katuk yang juga dapat mencegah sesak nafas atau asma sehingga dapat mengurangi rasa sakit dari tanda-tanda yang ditimbulkan.

Menjaga Kesehatan Organ Hati

Jamu Uyup Uyup sangat mempunyai kegunaan dikonsumsi untuk mencegah hepatotoksisitas sekaligus melindungi organ hati dari keracunan kadmium. Sedangkan kandungan minyak atsiri dalam jahe dapat melindungi dari penyakit hati berlemak non alkohol.

Untuk kunyit yang juga merupakan salah satu materi dalam Jamu Uyup Uyup dapat mengurangi massa lemak sekaligus memperlihatkan manfaat detoksifikasi organ hati.

Menjaga Kesehatan Jantung

Jahe yang merupakan salah satu materi dalam Jamu Uyup Uyup ini mempunyai kegunaan untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol tinggi khususnya LDL namun sekaligus juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL ialah kolesterol baik.

Jahe juga mempunyai kegunaan untuk menurunkan risiko pembekuan darah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Sedangkan kunyit mengandung kurkumin dan vitamin B6 yang penting untuk menjaga kesehatan kardiovaskular dan menghambat produksi homocysteine. Tidak hanya itu, namun temu giring juga sangat efektif dikonsumsi untuk mengatasi problem jantung berdebar dan cabai puyang yang baik untuk meningkatkan kinerja jantung.

Mengontrol Diabetes

Jamu Uyup Uyup yang mengandung jahe sangat penting dikonsumsi untuk mengatur kadar gula penderita diabetes tipe 2 sekaligus mengatasi kelainan glikemik dan lipid yang dapat menimbulkan komplikasi jangka panjang penderita diabetes. Sedangkan kunyit juga baik untuk menurunkan kadar gula darah sebagai pencegahan diabetes tipe 1 dan tipe 2.

By Dias