Memiliki gigi serta gusi yang sehat merupakan impian semua orang. Salah satu cara untuk mendapatkannya ialah dengan menggosok gigi rutin dua kali dalam sehari. Namun mengalami gigi ngilu pada saat makan makanan tertentu merupakan hal yang menyebalkan. Pasalnya bukannya tenang menikmati makanan yang ingin dimakan, malah merasakan rasa sakit yang membuat susah mengunyah makanan. Jika hal tersebut terjadi, sangat disarankan Anda untuk mencari informasi rekomendasi dokter gigi terbaik di Jakarta yang akan Anda kunjungi untuk mengobatinya.

Selain gigi ngilu, ternyata ada beberapa gejala atau tanda bahwa Anda memiliki gigi sensitif, ingin tau gejalanya apa saja? simak ulasan di bawah ini yuk

Gejala Gigi Sensitif
Gejala Gigi Sensitif
  1. Gigi Terasa Ngilu Saat Makan dan Minum

Salah satu gejala atau ciri khas jika Anda memiliki gigi yang sensitif ialah gigi terasa ngilu pada saat makan dan minum. Baik mengonsumsi jenis makanan maupun minuman yang terasa manis, asam, terlebih lagi panas serta dingin. Sensasi ngilu tersebut jelas terasa ke saraf gigi Anda, akibatnya Anda menjadi tidak nyaman dalam mengonsumsi makanan dan minuman yang mungkin Anda sukai. Kondisi ini terjadi akibat lapisan dentin atau bagian luar gigi tidak mampu menahan rangsangan yang diberikan dan melindungi akar gigi dari paparan asupan makanan dan minuman tersebut. Akibatnya rasa ngilu tidak dapat Anda hindari.

  1. Terasa Nyeri Saat Bernapas Melalui Mulut

Apakah Anda pernah merasakan ketika membuka mulut, kemudian menghirup atau mengambil napas melalui mulut mengakibatkan rasa ngilu yang luar biasa di gigi Anda? Hal tersebut di sebabkan pori-pori gigi atau bagian luar pada gigi terdapat lubang-lubang kecil yang tak kasat mata. Hal tersebut membuat ‘paparan dunia luar’ langsung masuk ke dalam saraf dan akar gigi yang akan menyebabkan gigi Anda terasa ngilu dan cenat-cenut.

  1. Tidak Nyaman Saat Membersihkan Gigi

Tanda selanjutnya jika Anda memiliki gigi yang sensitif ialah terasa sakit saat membersihkan gigi Anda. Membersihkan gigi baik dengan cara menggosok gigi ataupun dengan benang gigi (dental floss). Hal tersebut bisa juga disebabkan oleh cara menggosok gigi yang tidak tepat, seperti menggosok gigi terlalu keras sehingga menyebabkan gusi mengalami penurunan sehingga lapisan dentin tidak memiliki perlindungan terhadap rangsangan dari luar. Salah satu solusi yang bisa Anda terapkan ialah dengan mengganti pasta gigi Anda khusus untuk gigi sensitif. Perhatikan juga tata cara menggosok gigi yang tepat dan cermat, jangan menggosok gigi terlalu keras karena akan merusak lapisan pada gigi Anda.

 

Demikian beberapa tanda atau gejala jika Anda memiliki gigi sensitif, jika masalah terus berlanjut dan semakin parah jangan ragu untuk mengunjungi dan segera berkonsultasi dengan dokter gigi terpecaya Anda.

By Dias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *