Kaca tempered atau tempered glass adalah sebuah jenis kaca yang diproses menggunakan pemanasan atau pemrosesan kimia, dengan tujuan untuk meningkatkan kekuatannya. Proses tempering dilakukan di luar permukaan kaca pada tekanan tertentu, dan juga di dalam material kaca dengan tension tertentu juga.

Pemrosesan ini menyebabkan beberapa keuntungan termasuk, ketika pecah kaca tempered akan pecah menjadi bagian kecil – kecil, tidak seperti kaca biasanya. Fungsi utamanya adalah menghindari adanya luka, korban ketika kaca pecah. Kaca tempered ini juga dikenal sebagai kaca safety, oleh berbagai industri termasuk konstruksi bangunan dan juga otomotif.

Berbagai industri sering menggunakan kaca tempered untuk berbagai project karena kekuatan dan juga keamanannya. Beberapa contoh industri seperti bangunan dan konstruksi, otomotif, sampai teknologi untuk layar smartphone. Saat ini sudah sangat banyak layanan yang jual kaca tempered terutama di Industri bangunan dan konstruksi.

Kaca Tempered
Kaca Tempered

Sebenarnya Kaca Tempered Itu Apa?

Kita sudah membahas sedikit informasi mengenai kaca tempered, di awal artikel dan dis ini akan coba kita bahas lagi. Tempered glass adalah sebuah jenis material kaca yang lebih kuat dari kaca biasa atau konvensional. Kita berbicara mengenai proses kompresi atau pemberian tekanan sebelumnya. Pada kaca jenis ini terdapat keseimbangan baik di bagian luar dan dalam.

Untuk bisa dikategorikan sebagai kaca tempered, sebuah permukaan kaca harus mampu menerima tekanan 69 megapascal atau 10.000 psi. Kemudian untuk bisa dikategorikan sebagai kaca tempered yang memenuhi standar keamanan, permukaan material harus mampu menahan tekanan sampai dengan 100 megapascals atau 15.000 psi.

Jika sebuah tempered glass atau kaca tempered pecah, peningkatan stress pada permukaannya akan membuat sebuah pecahan lingkaran kecil, bukan sebuah potongan yang tajam. Dengan teori ini, tempered glass sangat cocok untuk diaplikasikan di tempat dengan tekanan tinggi atau diaplikasikan untuk ruangan tahan ledakan.

Berikut ini adalah beberapa kategori dan faktor kenapa disebut dengan kaca tempered:

  • Serbaguna: Bisa digunakan untuk berbagai aplikasi di berbagai industri.
  • Resisten Terhadap Banyak Hal: Entah itu benturan, pukulan, getaran, kaca jenis ini sangat kuat dibandingkan dengan kaca konvensional biasa. Kaca tempered akan sangat cocok digunakan untuk kondisi ekstrem, misalnya tempat dengan temperatur yang tinggi dan sebagainya.
  • Kekuatan: Dari segi kekuatan kaca jenis ini memiliki tingkat kekuatan 3 sampai dengan 7 kali dibandingkan dengan kaca konvensional. Jika Anda bekerja di industri yang membutuhkan kekuatan, tentu material satu ini adalah pilihan atau investasi terbaik.
  • Distorsi: Dari segi visual, kaca satu ini tidak sejernih kaca biasa, hal ini dikarenakan karena proses tempering.
  • Pemrosesan: Perlu diperhatikan bahwa pemrosesan seperti pemotongan dan penghalusan (grinding), haruslah dilakukan sebelum proses tempering. Jika dilakukan setelah proses tempering maka akan menimbulkan retakan.

Penggunaan dan Aplikasi Kaca Tempered

Tempered glass sendiri sangat cocok untuk diaplikasikan untuk berbagai industri, terutama untuk industri yang berhubungan dengan tahan panas, kekuatan, dan juga keamanan. Kendaraan sangat cocok untuk pengaplikasian satu ini karena beberapa hal berikut ini:

  • Mobil dan kendaraan sering diparkirkan di luar sehingga terpapar panas dingin secara cepat (thermal resistance).
  • Mobil dan kendaraan juga harus tahan impact seperti misalnya kerikil, guncangan (kekuatan).
  • Potongan kaca tajam merupakan sebuah bencana di sebuah kendaran mobil, sehingga kaca tempered akan cocok digunakan untuk tujuan keamanan.

Sementara itu beberapa penggunaan kaca tempered untuk konstruksi bangunan juga sangat cocok, berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan untuk konstruksi bangunan dan juga industri arsitektur:

  • Ruangan untuk rumah, kantor, dan bangunan komersial lain.
  • Pintu dan jendela. Biasanya tempat – tempat yang banyak kabel listrik, sangat cocok menggunakan kaca tempered, seperti ruangan server, dan komputer karena ruangan ini memiliki suhu yang cukup tinggi, kemudian menjaga agar jika terjadi bencana alam pecahan kaca tidak merusak bagian dalam ruangan.
  • Cocok juga untuk digunakan untuk panel dekoratif untuk kebutuhan desain interior.

Beberapa contoh lainnya untuk penggunaan konstruksi perumahan, dan juga berbagai furniture:

  • Lapisan meja
  • Pintu shower kamar mandi
  • Rak kaca
  • Cabinet atau lemari
  • Berbagai furniture lain yang terletak di dekat api seperti dapur misalnya

Sementara itu untuk berbagai layanan makanan seperti restoran, kaca tempered juga bisa diaplikasikan. Dengan menggunakan kaca tempered ini, akan meningkatkan kualitas, keamanan, dan juga keselamatan. Beberapa kaca tempered dipadukan dengan berbagai peralatan masak dan dapur untuk meningkatkan kekuatan, keamanan, dan juga keselamatan.

Kekurangan Kaca Tempered

Kaca jenis ini sangat berguna untuk berbagai industri seperti konstruksi dan juga berbagai pengaplikasian di berbagai industri. Namun, seperti pada umumnya setiap barang memiliki kekurangan, dan keterbatasan. Bagian ini kita akan membahas mengenai kekurangan yang mungkin harus diperhatikan.

Kaca tempered sendiri harus dipotong, dipress, dipoles, atau diproses sebelum proses tempering, dengan kata lain kaca tempered tidak bisa lagi untuk diapa apakan lagi, melainkan harus langsung dipasang.

Itu dia beberapa informasi mengenai kaca jenis tempered. Mungkin harus diperhatikan mengenai informasi di atas sebelum memutuskan untuk membeli atau menggunakan kaca jenis satu ini. Semoga informasi ini bisa membantu, dan terima kasih.

By Dias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *