Menyuling Air

Air merupakan salah satu material terpenting untuk semua makhluk hidup. Di negara kita sendiri memiliki water treatment plant Indonesia yang merupakan sebuah perusahaan pengelolaan air limbah menjadi air bersih yang aman untuk digunakan kembali. Akan tetapi perusahaan tersebut digunakan untuk memfilter atau menyuling air yang tidak bisa di konsumsi secara masif. Mereka juga bekerja sama dengan distributor alat laboratorium untuk mengerjakan pekerjaan mereka. Di Indonesia sendiri yang merupakan sebuah negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan, sungai-sungai, dan danau memiliki banyak sekali sumber air. Akan tetapi tidak semua sumber air tersebut bisa di konsumsi atau di pakai secara langsung terutama air laut.

Walaupun begitu di beberapa daerah di Indonesia masih ada yang kekurangan sumber air tawar yang aman untuk di konsumsi. Daerah tersebut biasanya berada di daerah pegunungan dan pulau-pulau terpencil. Dalam kasus ini ada beberapa solusi untuk mengatasinya, pertama kita bisa mencari kelapa untuk diminum airnya, kedua kita menunggu hujan kemudian kita tampung air tersebut, ketiga kita juga bisa mendapatkan air yang berasal dari tumbuhan, terakhir kita bisa menyuling air laut menjadi air tawar, tapi bagaimana caranya?

Menyuling Air
Menyuling Air
  1. Menyuling Dengan Menggunakan Panci

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan panci. Didihkan air laut yang ingin kamu suling dalam suatu wadah sehingga yang tertinggal dalam wadah tersebut hanya garam saja. Kemudian uap hasil rebusan air tersebut bisa kamu tangkap agar tidak menghilang di udara. Letakkan tutup panci dalam keadaan terbalik pada saat kamu merebus, kemudian taruh gelas di bagian dalam panci agar uap tersebut mengalir ke gelas, dengan begitu air laut sudah terpisah dari kandungan garam.

  1. Menggunakan Matahari

Memiliki konsep yang sama dengan penyulingan menggunakan panci secara di rebus. Akan tetapi metode ini menggantikan api untuk merebus dengan matahari. Tujuan dari metode ini adalah menggunakan panas matahari untuk melakukan penguapan sehingga uap dari air tersebut dapat di kumpulkan dan digunakan kembali untuk dikonsumsi.

  1. Penyulingan Menggunakan Botol

2 proses sebelumnya dinamakan proses evaporasi, selain 2 cara tersebut kamu juga bisa menggunakan botol sebagai proses penyulingan. Cara ini sedikit sulit dari dua cara sebelumnya, kamu membutuhkan 2 botol kaca sebagai wadah kemudian isi salah satu botol tersebut dengan air laut. Kamu bisa menaruh dua botol tersebut dengan mulut botol saling berhadapan kemudian panaskan botol yang terisi dengan air laut. Dengan begitu penguapan akan terjadi dan akan berpindah ke botol kosong.

Itu dia 3 cara mudah untuk menyuling air laut menjadi air yang siap untuk di konsumsi. Saat ini sudah banyak perusahaan pengelolaan air limbah atau air yang tidak bisa konsumsi yang bekerja sama dengan distributor bearing Jakarta menjadi air yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi kembali.

By Dias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *