Sebagai warga Negara Indonesia, kita memang mempunyai serangkaian hak dan kewajiban untuk menjadi warga Negara yang baik. Nah, salah satu kewajiban yang harus kita lakukan demi mendapatkan hak kita adalah membayar pajak. Namun, sebagian orang masih belum mengerti bagaimana cara menghitung pajak penghasilan. Bagi sebuah perusahaan yang besar, perlu jasa Konsultan Pajak Jakarta yang akan siap membantu merekap pajak penghasilan karyawannya secara teliti dan detail.

Jasa Konsultan Pajak Jakarta
Konsultan Pajak Jakarta

Pengertian Pajak Penghasilan

Pph atau Pajak Penghasilan adalah jenis pajak yang wajib dibayar oleh masyarakat yang sudah bekerja dengan penghasilan minimal Rp 4.500.000 per bulan. Aturan yang sama akan berlaku pula pada WNI (Warga Negara Asing) yang tinggal dalam kawasan Indonesia. Nah, ada 2 kategori orang wajib pajak penghasilan, yaitu :

  • Pribadi, baik itu pegawai, non-pegawai maupun wiraswasta/pengusaha.
  • Perusahaan atau Badan Usaha.

Dasar Hukum Pajak Penghasilan

Sebelum mengetahui cara menghitung pajak penghasilan, kamu harus tahu terlebih dahulu apa dasar hukum yang berlaku pada pajak penghasilan ini. Pasal mengenai pajak penghasilan tercantum pada UU Nomor 7 Tahun 1983.

Cara Menghitung Pajak Penghasilan

Perhitungan yang tertera untuk menghitung beberapa besar pajak penghasilan yang harus kamu bayar kepada Negara adalah dari segala bentuk penghasilan. Yaitu, gaji, honor, upah, tunjangan dan sebagainya. Berikut ini adalah langkah-langkah cara menghitung pajak penghasilan :

  1. Hitung Terlebih dahulu Penghasilan Bersih Dalam Setahun

Kamu harus menghitung berapa akumulasi penghasilan yang kamu dapat dalam setahun. Dalam UU nomor 36/2008, semua pendapatan kamu harus masuk ke dalam hitungan yaitu penghasilan kotor.

Caranya menghitung penghasilan kotor adalah kamu tambahkanlah berapa penghasilan bersih yang sudah kamu dapat. Menghitung penghasilan bersih dapat kamu buat dengan mengurangi total pendapatan dengan biaya modal atau biaya wajib seperti hutang, dll.

  1. Hitung PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak)

Besaran PTKP dari setiap orang akan berbeda tergantung jumlah keluarga dan tanggungan yang kamu punya. Besaran PTKP adalah sebagai berikut :

  • Wajib pajak pribadi, 54 Juta Rupiah.
  • Wajib pajak orang kawin, 4,5 Juta Rupiah.
  • Anggota keluarga sedarah, 4,5 Juta Rupiah.
  1. Hitung PKP (Penghasilan Kena Pajak)

Dari jumlah PTKP yang ada tersebut, kurangkanlah jumlah tersebut dengan seberapa besar penghasilanmu. Dengan ini, kamu sudah dapat melanjutkan ke cara menghitung pajak penghasilan akhir.

  1. Cara Menghitung Pajak Penghasilan Akhir

Menghitung PPH final akan kamu lakukan berdasarkan persentase yang sudah ada dan tercantum pada Dirjen Pajak, inilah caranya :

  • PKP < 50 Juta = PPH 5%
  • PKP 50-250 Juta = PPH 15%
  • PKP 250 – 500 Juta = PPH 25%
  • PKP > 500 Juta = PPH 50%

Begitulah cara menghitung pajak penghasilan yang wajib kamu bayar sebagai warga Negara yang baik. Yuk, jadi warga negara yang taat pajak!

By Dias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *